Wednesday, March 13, 2013

5 Tips Memilih Mainan Anak Usia 3-5 Tahun



Bagi anak, bermain adalah belajar. Bermain bagi anak usia keemasan (3-5 tahun) dapat membantu perkembangan perkembangan otak dan kecerdasan anak. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita harus pandai-pandai memilihkan mainan yang dapat memaksimalkan tumbuh kemang anak kita.
Saat ini, begitu banyak mainan impor dari China dengan harga murah. Namun, tidak semua dari mainan-mainan tersebut aman dan memiliki manfaat bagi anak. Pilihlah mainan-mainan yang memiliki nilai edukasi yang baik bagi anak, sehingga anak-anak dapat bermain sekaligus belajar. Jangan sia-siakan usia keemasan anak kita dengan memberikan mainan-mainan yang kurang bagus bagi perkembangan mereka.
Bagi anak usia keemasan, 5 jenis mainan berikut ini dapat melatih tumbuh kembang anak.
11.       Puzzle
Mainan puzzle dari kayu maupun karton sangat bermanfaat bagi anak untuk melatih kemampuan analisa pada anak. Umumnya puzzle tersebut berbentuk binatang atau objek lainnya. Selain itu permainan ini juga bermanfaat untuk melatih emosi pada saat mereka gagal dalam menyusun bentuk yang diinginkan.

22.    Jungkat Jungkit
Permainan ini biasanya berbentuk kuda-kudaan dan terbuat dari kayu dengan bagian dasar berbentuk melengkung sehingga dapat dibuat ayunan. Permainan ini sangat bermanfaat untuk melatih motorik anak dan melatih keseimbangan. 

33.       Meronce
Permainan meronce adalah memasukkan potongan kayu kecil-kecil (biasanya berbentuk huruf) yang telah dilubangi ke dalam seutas tali. Tujuannya adalah membentuk rangkaian objek seperti kalung atau tasbih. Permainan ini sangat penting untuk melatih emosi anak serta melatih motorik halus.

44.       Mainan Pukul
Permainan ini biasanya terbuat dari kayu, dimana ada objek-objek yang akan dipukul dengan bentuk dan warna berbeda, dan ada palu pemukulnya. Selain melatih indra penglihatan anak karena warnanya mencolok, juga melatih motorik kasar.

55.       Kenal Bentuk
Permainan ini berbentuk kayu-kayu dengan beberapa bentuk seperti segitiga, lingkaran dan persegi. Kemudian objek-objek tersebut disusun dan dikelompokkan sesuai bentuknya. Permainan ini sangat bermanfaat untuk melatih daya analisa anak.

Jadi, jika anda datang ke toko mainan anak, bijaksanalah dalam memilih mainan anak demi tumbuh kembang anak terutama pada masa keemasannya. Di edisi selanjutnya kita akan membahas mainan anak yang bisa digunakan dari alat-alat rumah tangga. Selamat bermain dengan anak.

2 comments:

  1. Terima kasih atas sharingnya....

    Mainan jungkat jungkit ada yang dibuat dari bahan KARDUS, buatan Indonesia Asli, namanya "SI KAMBI", silakan lihat di :
    Si Kambi : mainan anak dan keluarga dari KARDUS


    ReplyDelete
  2. Si Kambi nya bagus pak Eko, ini baru kreatif. Terima kasih...

    ReplyDelete