Sunday, March 10, 2013

7 Tips Jitu Menghabiskan Liburan Berkualitas di Rumah



Masa-masa liburan atau weekend memang menyenangkan. Biasanya masa liburan atau weekend dihabiskan dengan rekreasi ke luar kota, mengunjungi taman-taman kota dan lain sebagainya. Namun, tak selamanya anda memiliki waktu untuk itu semua.  Ada kalanya, saat weekend anda tidak bisa kemana-mana karena satu dan lain hal.
Tapi, bukan berarti weekend anda  menjadi tidak menyenangkan. Kita bisa merancang kegiatan-kegiatan di rumah bersama keluarga agar weekend kita menjadi menyenangkan. Berikut ini adalah 7 tips mengisi liburan bersama keluarga dengan menyenangkan tanpa perlu keluar rumah.

1.       Berkebun
Berkebun bersama adalah kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa mengajak suami/istri dan anak-anak untuk merancang tanaman apa yang perlu ditanam di pekarangan rumah. Lalu, anda bisa berkotor-kotor ria bersama mereka menanam tanaman-tanaman tersebut baik di pot maupun di halaman. Kegiatan yang menyenangkan dengan bonus rumah terlihat menjadi asri.
2.       Bersepeda Bersama
Meskipun tidak pergi ke luar kota, anda masih bisa bersepeda bersama anggota keluarga mengelilingi komplek rumah. Jadikan kegiatan ini menyenangkan dengan menyelinginya dengan kegiatan bermain di taman komplek sambil menikmati makanan kecil. Badan sehat dan suasana hangat antar anggota keluarga pun terbangun.
3.       Membersihkan Rumah
Meskipun anda memiliki pembantu di rumah, tapi tidak semua bagian ruangan bisa dijangkau oleh pembantu. Salah satu alternatif mengisi liburan yang bermanfaat adalah membersihkan rumah. Bagilah tugas untuk masing-masing anggota keluarga. Misalnya, ayah membersihkan plafon, ibu membersihkan lantai, anak-anak membersihkan kamarnya masing-masing dan sebagainya. Lakukanlah aktivitas ini dengan diselingi canda bersama anggota keluarga lainnya. Liburan menyenangkan dan rumah pun jadi bersih.
4.       Mencuci Kendaraan
Mencuci kendaraan bisa dijadikan alternatif menghabiskan liburan, apalagi jika anda memiliki beberapa kendaraan untuk anggota keluarga baik itu mobil maupun sepeda motor. Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk mencuci kendaraan sambil bercanda dan bermain air bersama mereka. Kegiatan yang menyenangkan dengan bonus kendaraan menjadi bersih dan kinclong.
5.       Merubah Tata Letak Perabot
Mungkin anda bosan dengan susunan perabot seperti kursi, meja dan perabot lainnya. Jadikan liburan ini untuk merubah tata letak perabotan tersebut. Rundingkanlah dengan anggota keluarga lainnya posisi yang tepat untuk perabotan tersebut. Suasana rumah pun jadi fresh dan tidak membosankan.
6.       Mendekor Ulang Hiasan Rumah
Mendekor ulang hiasan-hiasan rumah bisa menjadi alternatif kegiatan yang menyenangkan dalam mengisi liburan dirumah. Penempatan foto-foto keluarga, hiasan-hiasan dinding, vas bunga dan lain sebagainya bisa diatur ulang agar suasana rumah menjadi hangat dan segara. Lakukan aktivitas ini dengan melibatkan seluruh anggota keluarga.
7.       Memasak Bersama
Salah satu kegiatan yang juga sangat menyenangkan adalah memasak bersama seluruh anggota keluarga. Tentukan menu yang akan dibuat. Usahakan menu yang spesial dan pekerjaannya bisa dibagi-bagi ke seluruh anggota keluarga. Misalnya, membuat menu iga bakar.  Ayah menyiapkan alat-alat barbeque, ibu menyiapkan daging iga, anak-anak memotong sayuran atau menyiapkan camilan dan minuman segar dan lain sebagainya. Pastikan suasana santai dan menyenangkan. Bisa juga dengan mendengarkan musik kegemaran keluarga. Dan yang paling penting, habis itu makan besar bersama seluruh anggota keluarga.

So, sangat murah meriah bukan. Meskipun sederhana dan murah, kegiatan-kegiatan diatas dapat menjadi pengisi liburan yang menyenangkan. Dan yang lebih penting dari itu, suasana hangat dalam keluarga pun terbangun. Ok, selamat liburan...:)

No comments:

Post a Comment